Oct 11, 2008

(efek) Laskar Pelangi

Semalam pas ON AIR, tiba-tiba dapat sms dari bini:

Sandy kasian pa..nangis terus. Aq ketok rumahnya, tnyt lg sakit. Untung obat batuknya Dva msh ada. Aq kasihkan k Sandy. plus tak kash susunya Dva.tp bkn dotnya Dva lho. kasian aja.meski miskin kan Sandy tetep pnya hak utk sehat.hehehe.habis liat Laskar Pelangi soalnya.

Sms yang membanggakan bagi Saya, sebagai suaminya..dan (jujur) saya bahagia diberi pendamping spt dia.

Tetangga pas samping rumah, (maaf) ada yang kurang mampu, atau boleh dibilang sangat miskin dan kekurangan. Meskipun dibanding kami yang juga gak berlebih-lebih amat.

Dibandingkan Deeva, Sandy nama anak balita laki yang tidak terurus, suka sakit-sakitan. Makan nasi kalau ada, susu? tentu tidak. Cuma air gula saja. Jangan ditanya pakaian, mainan, dsb yang dibandingkan Deeva (maaf bukan maksud pamer) gak ada apa-apanya.

Truss, apa hubungannya dengan Laskar Pelangi ??
Ya itu dia, habis Kamis kemarin liat...bagi kami film itu memang memberi pesan moral :
- Jangan menyerah untuk menggapai mimpi
- Dannn, meski miskin, orang berhak mendapatkan pendidikan...

Nah, bini saya mungkin terinspirasi..meski (tetangga) saya miskin, dia juga berhak untuk sehat. tanpa dibedakan dengan derajat yang lebih kaya. Kadang saja kita gak sadar, dan menganggap mereka yang 'kurang' seberuntung kita memang pantas untuk 'kekurangan'. Miskin ya miskin saja.

Tapi tidak, hari ini Laskar Pelangi juga membuka mata kami, ternyata meski miskin mereka masih berhak mendapatkan sesuatu 'hak' yang sama seperti kita. Kesehatan, Pendidikan, Kesejahteraan, Pekerjaan, dsb.

No comments: