Jun 20, 2013

DUIT = MASALAH = DUIT

Duh,
Memulainya dari mana yak.
Bicara uang ini adalah hal paling mengasyikkan sensitif, bagi semua orang mungkin.

Beberapa kali terakhir, ada pada moment yang rasanya seperti diingatkan, kalau menghamburkan uang itu tidak baik. Okelah, saya juga masuk katagori kampret dalam hal penghematan uang. Beberapa 'penyakit' yang menjadi masalah besar bagi saya biasanya adalah :

Jangan pernah, jalan-jalan (nge-Mall atau kemanapun) tanpa tujuan khusus. Karena ini BERBAHAYA... !!

Tiba-tiba saya bisa membeli makanan meski ga lapar. Tiba-tiba bisa beli mainan anak, meskipun gadiminta. Beli pakaian baru meski ga sedang butuh. Ato bahkan beli blazer baru dengan alasan bentar lagi dipakai acara kantor ato kali aja ada ajakan MC. Niatnya beli buah doang ke supermaket, pulang bisa beli coklat, susu, keju, kue, dan seabreg lainnya. Banyak alasan yang akhirnya saya sadari dibuat secara tiba-tiba sebagai pembenaran memenuhi keinginan bukan kebutuhan.

Ada kalanya di dompet uang tinggal, 100rb harusnya panik dong ya. Tapi merasa santai kaya dipantai aja karena merasa bakal dibantu sama kartu Batman kredit. Alasan juga nih yang ada dikepala, ngelesnya bakalan bisa dibayar akhir bulan habis gajian atau juga pake sistem cicilan yang bunganya bangsat bukan main gedenya. Sempet gunting satu kartu kredit, sekarang CUMA megang dua aja. itu juga karena ngelesnya (lagi-lagi) karena pertama gambar kartu kredit BATMAN yang sudah pengen punya sejak jaman SMA plus satu lagi karena logo kantor saya ada di kartu kredit official dari kantor dan lumayan kalau dibandara bisa menikmati Lounge facilities yang pastinya lumayan lah ya.

Balik lagi ke masalah "Belanja Tanpa Plan" yang membahayakan buat saya.
Kadang memang susah ya, harus beneran fokus untuk benar-benar belanja APA YANG DIBUTUHKAN atau APA YANG SUDAH DIRENCANAKAN waktu berangkat. SERIUSAN deh ya, prakteknya susah banget yak. Tiba-tiba kadang tulisan diskon gede-gede suka mencubit iman. Belum lagi penataan barang-barang yang kadang tidak kita perlu, malah paling mudah diambilnya, atau display nya yang menarik.

Kata orang, Hukum belanja itu dari Pandangan - Sentuhan - (akhirnya) Keputusan.
Mending sebisa mungkin ga liat deh ya, atau sampai coba menyentuh atau bahkan 'mencoba'nya, karena bias berakibat fatal pada keputusan yang bisa menyebabkan keputusasaan di akhir bulan :|

Now day, I'm doing a giant lil step for myself :
- Masukin kartu kredit dibagian paling dalem dompet (meskipun jujur kadang masih dipaksa nongol)
- Belanja ke supermaket ga pake trolley, cukup pake tangan aja. Meski jujur kadang juga masih ngambil macem-macem, at least sudah susah tanpa tempat yang rasanya butuh diisi penuh.
- Rajin makan bekal yang sebenarnya susah banget dijalanin di tempat kerja saya. Dimana semua resto ada, semua menu bisa dipilih. Belum lagi ajakan client meeting pas jam lunch, temen-temen ngajak kongkow.. blabla.. (cakar-cakar dompet)

OKAY.. saya mau berkomitmen atas nama perubahan *ditepokin segedung*
Ingin menjalankan misi sederhana yang semoga ada hasilnya dan benar-benar bisa menjadi komitmen nantinya. Sesuai dengan pesan Eyang Titik Puspa halah, maka dengan ini akan saya jalankan program.. ONE DOLLAR for ONE DAY (meskipun duitnya rupiah yak..)

Saya akan tabung dicelengan ini, sebagai bukti untuk komit beneran bisa nabung 'uang receh' dimana setiap saya ga bisa melakukannya atau ada jeda dihari tertentu, harus diganti atau dikalkulasikan di hari berikutnya.

Well, it's just a little step of a movement.
At least, I'm gonna try it.

Will you ??

No comments: