Jan 12, 2007

Tipe BOSS


Yang namanya pekerjaan, pasti ada enak dan gak enaknya. Terlebih lagi situasi kantor / tempat kerja kita yang mendukung sesuatu hal itu terjadi. Paraaaah lagi kalo nemuin 'teman2' kerja yang gak bisa mendukung kita untuk tetap eksis di lingkungan kerja tersebut. Okelah, kalo temen itu jadi musuh gak masalah, karena mereka gak mungkin mecat kita, TAPIIIII kalo bukan teman, melainkan atasan atau BOSS kita yang gak asik ?? apa kita harus diem ? gimana donk ??

Btw, menurut hasil 'pengamatan' ku sendiri, ada beberapa tipe BOSS yang gak asik ;

1. Tipe BOS yang sok berwibawa
Pengertian ini berbeda dengan orang yang memang benar2 kharismatik / berwibawa dari sononya, alias tidak dibuat2 dn natural. Kalo dipaksakan sok cool, malah terlihat menyebalkan.

2. Tipe BOS yang kurang disiplin
Gimana mau didenger ama anak buah kalo memang Bos nya juga susah disiplin. Dateng telat ato gak on time, deadline selalu diburu2 karena ulahnya yang selalu mepet, dan kurang terjadwal. Belum lagi kalo liat anak buah kurang disiplin ngomel2nya gede, so pasti gak dianggep lah sama 'ABK' nya, karena gak bisa jadi Role Model yang tepat.

3. Tipe BOS 'Diktator'
Tipikal Bos cerewet ini sepertinya banyak dijumpai diberbagai tempat. Apalagi parahnya kalo punya '3 peraturan ajaib' : Pertama, BOS selalu benar, Kedua BOS tidak pernah salah, dan Ketiga jika Bos salah peraturan otomatis kembali ke peraturan pertama. Pokoknya, diktator abis dah ! Seenaknya mengganti peraturan secara dadakan sesuai kemauannya, sampe membuat anak buah klabakan dan bisa jadi kurang maksimal melaksanakan pekerjaannya, dan so pasti BOS bakal ngomel berat dan menilai kita tidak becus melaksanakan perintahnya.


4. Tipe BOS yang kurang bisa mempercayai bawahan
Boleh iya atau tidak, tapi memang kurangnya rasa kepercayaan yang diberikan BOS kepada anak buah, akan membuat anak buah serasa bekerja dibawah tekanan 'CCTV'.Hingga bisa jadi akan timbul anggapan, jujur aja dicurigai mending kan bo'ong kalo sama2 dicurigai.

5. Tipe BOS yang tidak bisa mendelegasikan Pekerjaan
Pekerjaan yang bertumpuk pada satu pusat, akan semakinmenambah rumit di detik2 terkahir diambilnya keputusan. Hal ini dikarenakan Bos kurang percaya kemampuan anak buah dan terlebih mengkoordinasi dengan tidak tepat / secara sepihak.

6. Tipe BOS degan rasa senioritas tinggi
Bos yang selalu merasa senior tidak akan bisa beradu pendapat, argumen atau juga bermusyawarah dengan junior2 di bidangnya karena merasa tetap di posisisi 'Senior' dan harus lebih menang daripada junior. Hal ini dapat terlihat dari pimpinan yang sudah berumur tapi kinerja makin kendur dan malah antipati terhadap junior yag semakin pintar dan berkualitas.


Wah wah....kalo kawan muda sekarang lagi kerja, dan ada BOSS yang memiliki minimal 3 hal tersebut...hehehehe berarti Anda butuh konsentrasi lebih tinggi, kesabaran lebih tinggi dan juga siap2 makan hati....

Oya, lain kali aku kaish tips ngatasi BOSS itu ya....tapi kalo udah nemu & observasi.hehehehehe

salam, Rhendra.





No comments: